Monday, July 7, 2014

Kesimpulan Pelestarian Kawasan Museum Bahari

Dari keempat posting sebelumnya, telah diutarakan sejarah, arahan pelestarian, gambaran kawasan, dan usulan untuk konservasi kawasan. Pada posting kali ini, akan menyimpulkan untuk konservasi kawasan Museum Bahari.

Pada intinya, Museum Bahari sebagai satu-satunya museum yang menyimpan nilai historis kelautan Indonesia. Museum ini menyimpan berbagai koleksi yang dapat menceritakan perjalanan pelayaran negara Indonesia. Oleh karena itu, sudah seharusnya museum ini mendapat perhatian khusus, karena sejarah terbesar yang pernah ada di Indonesia berasal dari bidang pelayarannya, dimana banyak bidang berkembang dari pelayaran. Museum ini haruslah dicintai dan diperbaiki agar generasi penerus Indonesia dapat menegetahui sejarah yang begitu besar dari negeri tercinta ini. Museum juga perlu didesain lebih menarik agar dapat menarik banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke dalamnya. Usulan untuk konservasi Museum Bahari ini juga harus mempertimbangkan kenyamanan dari pengunjungnya dan fasilitas yang sudah seharusnya ada untuk sebuah bangunan publik.

Dari permasalahan yang telah disampaikan sebelumnya, maka solusi sebagai usulan untuk perbaikan museum ini adalah sebagai berikut :
  1. Perlu dibuatnya drainase internal dan pompa penyedot
  2. Menambahkan fasilitas ramp atau lift untuk pengunjung yang disable 
  3. Memperluas parkiran atau mungkin dengan teknologi jika lahan tidak mencukupi (sempit/kurang luas) dan menambahkan parkir sepeda
  4. Memasksimalkan fungsi ruang
  5. Pengolahan ruang terbuka yang ada antara bangunan untuk memfasilitasi pengunjung
  6. Membuat penataan objek pamer yang lebih menarik
  7. Merenovasi ruang theater dan toko souvenir agar lebih menarik lagi
  8. Menambahkan cafetaria sebagai fasilitas bagi pengunjung
  9. Pemberian vegetasi untuk menambah kenyamanan pengunjung
  10. Membuat enterance lebih menarik

No comments:

Post a Comment