Sunday, October 31, 2010

Studentsite Gunadarma


Apa itu Studentsite?
Studentsite Universitas Gunadarma merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Gunadarma untuk mempermudah mahasiswa dalam mengetahui berbagai info akademik perkuliahan. Studentsite juga membantu mahasiswa dalam mengetahui jadwal kuliah, jadwal ujian, tugas yang diberikan oleh dosen, rekap nilai, dan masih banyak lagi. Seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma wajib mempunyai account studentsite karena semua tugas dari dosen akan dikirim lewat studentsite hanya dengan mengcopy URL-nya. Oleh karena itu, seluruh mahasiswa baru wajib mengaktivasi account studentsite mereka secepatnya sebelum berakhirnya batas waktu yang telah ditentukan.

Setelah berhasil membuat account studentsite, setiap mahasiswa wajib mempunyai blog pribadi dan mendaftarkannya pada menu layanan 'Pendaftaran Lomba Blog'




Apa saja fitur-fitur yang disediakan?
Banyak sekali menu layanan yang disediakan oleh studentsite untuk menjembatani mahasiswa dengan dosen. Antara lain:

BAAK News
menu ini memuat info-info dari  BAAK (Badan Administrasi Akademik Perkuliahan), yaitu seluruh pengumuman penting yang bersangkutan dengan kegiatan perkuliah.

Lecture Messages
berisi tugas-tugas yang diberikan dosen dari mata kuliah yang bersangkutan. Tidak semua dosen memberi tahukan bahwa beliau telah memberikan tugas pada menu layanan lecture messages. Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Gunadarma wajib mengakses studentsite setiap hari untuk mengetahui info tersebut.

Rangkuman Nilai
memuat rangkuman nilai mahasiswa Gunadarma tiap sememsternya. Hasil perkuliahan selama satu semester di Universitas Gunadarma akan dilaporkan melalui studentsite dan tidak diberikan secara langsung.

Jadwal Kuliah
menu ini berisi jadwal perkuliahan mahasiswa Gunadarma sesuai kelas dan jenjang yang diambil dan  berlaku untuk satu semester ke depan.

Jadwal Ujian
menu ini menampilkan jadwal ujian yang akan dihadapi oleh mahasiswa Gunadarma sesuai kelasnya selama satu semester.

Tulisan (UG Portofolio)
menu ini digunakan untuk mengapresiasikan karya-karya mahasiswa yang berupa tulisan. Semua tulisan yang diupload dari masing-masing blog mahasiswa dan dikirim ke menu ini, harus merupakan karya sendiri (dilarang keras mengandung unsur plagiat). Menu ini sangat menunjang mata kuliah softskill yang mengharuskan membuat paper agar memenuhi standard nilai yang ditentukan.

Tugas (UG Portofolio)
menu ini digunakan untuk mengirim tugas-tugas dari dosen sesuai dengan mata kuliahnya. Sama halnya dengan menu tulisan,  tugas yang diberikan dosen dikerjakan pada blog pribadi mahasiswa dan dikirim ke menu tugas pada studentsite. Bedanya dengan menu tulisan, menu ini digunakan untuk tugas yang berupa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dosen, sedangkan tulisan adalah untuk mengirim tulisan atau paper sesuai dengan yang ditugaskan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan.

*Menu-menu layanan di atas merupakan menu yang paling sering digunakan mahasiswa Universitas Gunadarma


Pada home di studentsite Universitas Gunadarma, secara otomatis akan ditampilkan BAAK News dan kalender akademik seperti gambar di atas.
Kebihan :
  • dapet diakses dimana saja dan kapan saja dengan account studentsite
  • memberi kemudahan mahasiswa dalam mendapatkan informasi mengenai kegiatan perkuliahan
  • banyak menu layanan yang tersedia dalam satu account
  • mempermudah mahasiswa untuk berinteraksi dengan dosen tanpa tatap muka
  
Kekurangan : 
  • ada beberapa menu layanan yang belum dapat diakses hingga saat ini
  • memerlukan kerajinan mahasiswa untuk mengakses account ini setiap hari agar mendapatkan informasi penting yang tidak disampaikan dosen, seperti tugas.

 

1 comment:

  1. hey dini, di gunadharma ya? ini upi biling kelas sebelah dulu
    lutfifadhilastale.blogspot.com

    ReplyDelete